shape
shape

PT PAL Indonesia (Persero) & SMK Negeri 1 Kopang

PT PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu industri strategis milik BUMN  yang memproduksi alat utama sistem pertahanan  Indonesia Khususnya untuk matra laut. Keberadaan PT PAL Indonesia tentu memilki peran penting dan strategis dalam mendukung pengembangan industri maritim nasional. Dengan keberhasilannya yang luar biasa dalam memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia maka SMK Negeri 1 Kopang sebagai lembaga pendidikan yang turut andil dalam mencetak generasi emas yang handal dibidangnya memandang sangat perlu untuk menjalin komunikasi dengan PT PAL Indonesia agar SMK Negeri 1 Kopang dapat menempatkan siswa-siswinya untuk Magang Industri/PKL;Praktik Kerja Lapangan.

Prinsip Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK adalah belajar sambil bekerja, dimana kegiatan pembelajaran harus banyak memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk melakukan kerja praktik di DUDI untuk mencapai kompetensinya. Industri harus menjadi tepat belajar para siswa SMK. “Sekolah mempunya kurikulum inti, namun DUDI harus ikut menentukan isi kurikulum pendidikan kejuruan, pelatihan di industri harus diselaraskan dengan pembelajaran di sekolah” ucap Kepala SMK Negeri 1 Kopang.

Dengan memerhatikan prinsip Praktik Kerja Lapangan SMK, maka SMK Negeri 1 Kopang melakukan pendekatan dan lobi-lobi ke PT PAL Indonesia (Persero) agar siswa-siswi SMK Negeri Kopang dapat melaksanakan magang industri. Alhamdulilah sesuai dengan pepatah “usaha tidak menghianati hasil”, akhirnya SMK Negeri 1 Kopang dan PT PAL Indonesia telah menandatangani MoU dan pada minggu ke dua Juni SMK Negeri 1 Kopang mengantarkan 5(lima) orang siswa jurusan Teknik Pengelasan ke PT PAL Indonesia di Surabaya untuk melaksanakan magang industri selama enam bulan.”Tentu ini adalah progres yang sangat baik bagi SMK Negeri 1 Kopang karena kali pertama dapat menempatkan siswanya untuk magang industri di perusahaan BUMN yang bertaraf internasional, dan kedepannya kita akan terus menjalin kerjasama dengan industri-industri lain guna menyiapkan lulusan SMK Negeri 1 Kopang yang memiliki kompetensi yang mumpuni” ucap Lalu Subhanudin,M.Pd.(Kepala Sekolah).